Iuran BPJS Dan BBM Naik Lalu Cabut Subsidi PLN, Pengamat: Pemerintah Bikin Investor Kabur - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 10 September 2019

Iuran BPJS Dan BBM Naik Lalu Cabut Subsidi PLN, Pengamat: Pemerintah Bikin Investor Kabur


GELORA.CO - Rencana pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan tiga kebijakan yang dinilai bakal membebani rakyat akan berdampak dalam dunia investasi. Kondisi tersebut bisa memicu kaburnya para investor di Indonesia.

Tiga kebijakan yang akan diambil pemerintah ialah rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan, mencabut subsidi listrik 900 VA, dan menaikkan harga BBM.

Terkait hal ini, Peneliti Founding Fathers House Dian Permata mengatakan, rencana pemerintah tersebut akan berdampak terhadap perekonomian di Indonesia. Dampak terbesar yang bisa dirasakan adalah kaburnya para investor dari Indonesia.

Sedikit banyak pasti (dampak ekonomi). Kalau di politik itu ekonomi politik kan dua mata uang yang tidak bisa dipisahkan," ucap Dian Permata kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (10/9).

Karena, kata Dian, para investor membutuhkan kestabilan situasi politik, maupun suasana masyarakat yang kondusif.

"Saya khawatir ada 33 perusahaan China yang kabur dari Indonesia, katakanlah. Jangan-jangan itu terstimulasi dari situasi nasional kita yang tidak kondusif menurut mereka. Sudut pandang orang ekonomi kan gitu," katanya.

Sehingga, pemerintah sebelum mengeluarkan pernyataan soal kebijakan yang berpotensi muncul penolakan dari rakyat, harus benar-benar dikaji terlebih dahulu agar kondisi di masyarakat tetap stabil.

"Perusahaan asing itu mau investasi kan butuh banyak jaminan. Mulai dari keadaan, hukum, situasi nasional, dan wajah kabinet. Terus statement dari pembuat kebijakan apakah memang layak atau tidak, apakah visibel atau tidak, apakah proper atau tidak. Semua saling berkait," pungkasnya.(rmol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad