Sering Blunder Di Periode Pertama, Jokowi Harus Pilih Orang Dekatnya Jadi Jubir - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 11 September 2019

Sering Blunder Di Periode Pertama, Jokowi Harus Pilih Orang Dekatnya Jadi Jubir


GELORA.CO - Komunikasi politik pemerintahan Joko Widodo selama ini dinilai memiliki kelemahan yang sangat kentara. Banyak orang di lingkaran Jokowi berbeda pandangan dan berujung blunder seringkali terjadi dalam 5 tahun terakhir.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rifan saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (11/9).

Ali Rifan menjelaskan, idealnya yang mewakili Istana ke publik adalah seorang jurubicara Presiden. Tujuannya agar informasi ke masyarakat menjadi terpusat.


"Jujur harus diakui, itulah salah satu kelemahan kepemimpinan Jokowi di periode pertama. Soal komunikasi yang belum terintegrasi. Antar menteri saling sindir, dan bahkan menteri dengan presiden beda pandangan (data)," paparnya.

Ali menyebut, di periode kedua nanti komunikasi dari Istana harus lebih jelas. Jokowi, kata Ali, harus benar-benar memilih orang yang dekat dan memahami gesture dan bahasa politik mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Di periode kedua komunikasi harus lebih clear. Fungsi jubir presiden adalah menyampaikan berbagai komentar resmi atas nama presiden. Ia mewakili presiden di publik. Ini penting untuk menerjemahkan isi kepala sang presiden," tambahnya.

Selain itu, Ali Rifan meminta Jokowi memilih seorang jubir yang berintegritas dan hati-hati dalam menyampaikan setiap informasi ke publik. "Integritas di publik juga jadi syarat penting, karena dia mewakili presiden," pungkasnya. (Rmol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad