Iuran Naik, Anggota BPJS Kesehatan Berbondong-bondong Turun Kelas - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 30 Oktober 2019

Iuran Naik, Anggota BPJS Kesehatan Berbondong-bondong Turun Kelas


GELORA.CO - Peneliti dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia Teguh Dartanto memprediksi anggota BPJS Kesehatan bakal berbondong-bonodng turun kelas. Tindakan ini menyusul kenaikan iuran, yang berlaku mulai Januari 2020.

Teguh menyampaikan prediksi itu berdasarkan penelitan yang pernah dia lakukan.

"Saya punya data panel orang yang sama, tahun 2015 dibandingkan tahun 2017 itu kelasnya beda-beda semua, rata rata turun kelas karena ada kenaikan iuran," kata Teguh di Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Dia menjelaskan, pemerintah pada 2016 sempat menaikkan besaran iuran BPJS Kesehatan.

Oleh karena itu Teguh yakin pada saat kenaikan iuran ditetapkan pada Januari 2020 untuk seluruh segmen kepesertaan akan membuat peserta pindah kelas dari yang lebih tinggi ke kelas lebih rendah.

Namun demikian, Teguh menegaskan bahwa program Jaminan Kesehatan Nasional tetap harus dilanjutkan dan BPJS Kesehatan tidak boleh bangkrut hanya karena defisit keuangan.

"Intinya adalah kita harus paham bahwa kita nggak boleh mundur. Ini adalah sistem yang kita bangun untuk investasi masa depan, mau tidak mau, kita harus pegang ke depan memandangnya sebagai investasi, ada dampak positif jangka panjang dan pendek," kata Teguh.

Dia juga tidak menampik, masih ada tantangan menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari sisi keuangan, luasnya kepesertaan, isu pembelian strategis dan isu urun biaya yang masih harus dioptimalkan. Menurut dia, keberlangsungan program JKN bisa bertahan lama apabila dilakukan upaya promotif dan preventif untuk mencegah masyarakat jatuh sakit.[tsc]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad