Menunggu Pemilu Inggris, Euro Kian Melemah - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Breaking

Rabu, 30 Oktober 2019

Menunggu Pemilu Inggris, Euro Kian Melemah


GELORA.CO - Setelah minggu lalu menguat sebesar 0,18 persen, euro (EUR) tertekan dan stagnan terhadap dolar AS. Hingga pukul 21.40 WIB tadi malam,  euro diperdagangkan di level 1,1096 per dolar AS, melemah tipis 0,02 persen di pasar spot.

Data terbaru menunjukkan M3-Money Supply atau data uang beredar yang mencakup saham dan pasar uang mengalami penurunan pertumbuhan menjadi 5,5 persen dari sebelumnya 5,7 persen, melansir Refinitiv.

Pelaku pasar menunggu upaya Perdana Menteri Inggris Boris Johnson yang ingin mendorong pemilihan umum sebelum akhir tahun. Jika pemilu dapat terlaksana, ada kemungkinan mata uang euro bersama poundsterling kembali menguat.

European Central Bank (ECB) tampaknya akan mengaktifkan kembali program pembelian aset (obligasi dan surat berharga) atau yang dikenal dengan quantitative easing (QE) mulai 1 November untuk menguatkan posisi euro.

Program ini sejatinya sudah dihentikan pada akhir tahun lalu. Tetapi kondisi ekonomi zona euro yang memburuk membuat ECB harus kembali mengaktifkan QE.

Keputusan melakukan QE juga pernah diambil pada September lalu. Namun, pada rapat kebijakan moneter yang berakhir Kamis kemarin tidak ada perubahan baik dari segi kebijakan maupun panduan ke depannya.

QE akan terus dilakukan selama dibutuhkan untuk memberikan stimulus bagi perekonomian zona euro. [rmol]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

';