Pagi Ini, Jokowi Bertolak Ke Thailand Hadiri KTT ASEAN - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Breaking

Sabtu, 02 November 2019

Pagi Ini, Jokowi Bertolak Ke Thailand Hadiri KTT ASEAN


GELORA.CO - Untuk yang pertama kalinya usai dilantik di periode kedua, Presiden Joko Widodo akan bertolak ke Thailand. Dia akan menghadiri KTT ASEAN.

Jokowi akan berangkat dari pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma, Sabtu (2/11). Di KTT ASEAN, Jokowi akan membahas berbagai isu ekonomi.

"Besok kita ke Thailand. Saya akan mengajak seluruh anggota ASEAN untuk bersama-sama membangun infrastruktur yang berkaitan dengan konsep Indo-Pacific, sehingga akan memberikan dampak baik kepada anggota ASEAN, terutama kepada mudahnya hubungan antar negara, murahnya biaya logistik," kata Jokowi kepada awak media di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11).

Jokowi meyakini, pembangunan infrastruktur sesuai dengan konsep Indo Pasific akan memberikan dampak ekonomi yang lebih baik kepada seluruh negara anggota ASEAN. 

Sebelumnyam Direktur Jenderal (Dirjen) Kerjasama ASEAN, Jose Antonio Morato Tavares di Kemenlu menyebutkan ada banyak agenda yang akan dibahas dalam KTT kali ini.

Selain membahas tiga pilar ASEAN, yaitu komunitas ekonomi, komunitas sosial-budaya, dan komunitas politik-keamanan, juga akan ada ASEAN-China Summit, ASEAN-India Summit, dan ASEAN-United Nations Summit, serta berbagai sub-agenda lain yang melibatkan berbagai kementerian terkait.

Menurut Jose, ada beberapa isu utama akan diangkat oleh Indonesia dalam KTT kali ini, salah satunya adalah rancangan Indonesia mengenai kerja sama antara ASEAN dan negara-negara Pasifik.

"Perkiraan kami, isunya ASEAN Outlook on IndoPacific karena kita tahu tahun lalu Presiden (Joko Widodo) sudah sampaikan kepada negara-negara mitra  bahwa ASEAN sedang merancang satu outlook tentang InfoPacific," ujar Jose Di Kantor Kemenlu, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Rabu (30/10).(rmol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

';