Sindir Surya Paloh, Jokowi Warning Nasdem Agar Tetap Di Barisan Pemerintah - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 07 November 2019

Sindir Surya Paloh, Jokowi Warning Nasdem Agar Tetap Di Barisan Pemerintah


GELORA.CO - Saat berpidato di hari ulang tahun ke 55 Golkar, Presiden berkelakar soal pertemuan Surya Paloh Cs yang bertandang ke Kantor DPP PKS.

Dengan nada candaan, Jokowi mengaku selama bersama Surya Paloh, dia tidak pernah dirangkul erat sebagaimana Surya merangkul Sohibul.

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif'an mengatakan, sindiran Jokowi yang bernada kelakar itu merupakan kode politik untuk mengingatkan Partai Nasdem agar tetap berada dalam koalisi.

Jokowi memainkan kode politik. Mengingatkan Nasdem untuk tetap di barisan koalisi pemerintah namun lewat sebuah homor. Ini khas sekali Jokowi, orang Solo. Jadi itu juga bisa dimaknai bersayap. Satu sisi homor, satu sisi lagi mengirim kode," demikian tafsir politik Ali Rif'an kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (7/11).

Menurut Ali, apa yang dilakukan Jokowi sama dengan taktik politik Surya Paloh yang merangkul PKS. Satu sisi Surya Paloh ingin merangkul PKS agar tidak terlalu keras ke pemerintahan Jokowi, tapi di sisi lain SUrya Paloh juga sedang menjajaki mitra koalisi 20204.

Jokowi sedang memainkan politik umpan balik. Hal sama pernah dilakukan terhadap SBY dulu. Saling menyindir dan kasih umpan balik. Misalnya soal subsidi harga BBM, utang dan bunganya, pembangunam LRT, dll. Ini pola dan khas gaya komunikasi Jokowi," demikian kata Ali. (Rmol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad