Analisis BMKG Soal Gempa M 4,8 di Malang dan M 5,2 di Nias Selatan - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 05 Januari 2020

Analisis BMKG Soal Gempa M 4,8 di Malang dan M 5,2 di Nias Selatan



GELORA.CO - Gempa tektonik magnitudo (M) 4,8 terjadi di Malang, Jawa Timur. BMKG menjelaskan gempa yang terjadi pada pagi tadi itu merupakan jenis gempa menengah.

"Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangannya, Minggu (5/1/2020).

Daryono mengatakan gempa terjadi pada pukul 05.55 WIB, Minggu (5/1/2020). Episenter gempa terletak pada koordinat 8.73 LS dan 112.50 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 66 km barat daya Kabupaten Malang pada kedalaman 76 km.

Gempa dirasakan dalam skala II MMI di Sawahan Nganjuk, Tempursari Lumajang, Ponorogo dan Trenggalek. Guncangan juga dirasakan di Karangkates Malang, Tulungagung dan Blitar dalam skala III MMI. Beberapa warga sempat berlarian ke luar rumah karena terkejut akibat guncangan gempa yang terjadi dengan tiba-tiba.

"Hasil monitoring BMKG belum terjadi gempa susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang," katanya.

Selain di Malang, gempa M 5,2 juga terjadi di Nias Selatan. Daryono menjelaskan, gempa tepatnya terjadi di Samudra Indonesia sebelah barat Sumatera.

Gempa dengan episenter pada koordinat 2.21 LS dan 95.68 BT ini memiliki kedalaman dangkal 10 Km tepatnya di laut pada jarak 389 km Barat Daya Nias Selatan.

"Gempa ini dipicu sesar aktif di zona Wharton Basin di Samudra Hindia. Karena jaraknya yang jauh dari daratan Pulau Sumatra maka gempa ini tidak dirasakan guncangannya," jelas Daryono.[dtk]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad