China Dominasi Investasi, Luhut: China, China,China. No! - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 16 Januari 2020

China Dominasi Investasi, Luhut: China, China,China. No!


PEJUANG.NET - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan membantabh keras tudinhan bahwa China mendominasi investasi di Indonesia. Menurutnya, sejumlah negara termasuk Uni Emirat Arab juga banyak berinvestasi di Indonesia.

"Banyak yang bilang investor China, China, China. No. Kemarin kita juga kerja sama dengan Uni Emirat Arab. Proyek besar nilainya US$ 22,89 miliar (Rp 314,9 triliun)," katanya dalam Standard Chartered Global Research Briefing and Investor Forum 2020 di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Rabu (15/1/2020) seperti dikutip dari cnbcindoneisa.com.

Tudingan yang diberikan kepada Luhut itu tidak bisa lepas dari investasi China yang masif di Indonesia. Misalnya proyek high speed train atau kereta cepat Jakarta-Bandung. Kemudian, Kawasan Industri Morowali yang mana investasi China mencapai US$ 1,63 miliar.

Meski nilai investasi China besar, namun Luhut memastikan kedaulatan negara tetap harga mati.a

"Jangan lagi kita berpolemik ini, China kontrol ini, nggak ada. Saya bilang tidak akan pernah kita mau negosiasi any single inch," tegasnya.

Pernyataan Luhut juga erat kaitan dengan komentarnya terhadap situasi yang memanas di Natuna, beberapa waktu lalu. Ketika ditemui di kantor Kemenko Marves, Jakarta, Jumat (3/1/2020), Luhut menanggapi tenang situasi itu.

"Sebenarnya enggak usah dibesar-besarinlah. Kalau soal kehadiran kapal itu sebenarnya kan kita juga kekurangan kemampuan kapal untuk melakukan patroli di ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) kita itu," ujarnya. (lj)

Publis by : Pejuang.Net │ Join Telegram : t.me/pejuangofficial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad