Pembagian Daging Kurban di Jakarta Bakal Pakai Besek Bambu - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 30 Juli 2019

Pembagian Daging Kurban di Jakarta Bakal Pakai Besek Bambu


PEJUANG.NET - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengungkapkan, daging-daging kurban yang akan dibagikan pada Idul Adha 2019, bakal menggunakan besek yang terbuat dari bambu sebagai wadah. 

Menurut Anies, hal itu merupakan salah satu strategi dari DKI untuk terus mengurangi kemasan sekali pakai, seperti kantong plastik yang tidak ramah terhadap lingkungan.

"Tahun ini kita menggalakkan agar kita menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan," ujar Anies dalam penutupan pelatihan petugas kurban DKI di Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta Utara, Selasa, 30 Juli 2019.

Anies menyampaikan, para petugas telah dilatih supaya daging kurban dibagikan menggunakan besek bambu yang alasnya dilapisi daun pisang. Anies ingin Jakarta menjadi contoh penggunaan wadah-wadah alternatif yang bisa menggantikan plastik.

"Insya Allah nantinya kita bisa secara resmi mengatakan bahwa petugas potong hewannya terampil, handal, profesional, dan sesuai dengan syariat. Kita ingin nanti Jakarta menjadi contoh," kata Anies.

Anies mengemukakan, penggunaan besek yang terbuat dari bambu, turut memberdayakan juga para perajin bambu yang berasal dari wilayah lain di Indonesia. Dengan demikian, pelaksanaan kurban di Jakarta, memberi keuntungan juga bagi para perajin itu.

"Jadi nanti, saat ribuan masjid di Jakarta ganti (wadah pembagian daging kurban) dari plastik ke bambu, artinya manfaatnya dirasakan oleh petani-petani dan perajin bambu di pelosok sana,” tutur Anies.

Dalam pelatihan, ada 1.110 pengelola masjid dan 909 petugas tim pemeriksa hewan yang diberi pembekalan. Sementara itu, penggantian plastik menjadi besek bambu dikoordinasi juga PD Pasar Jaya dan Yayasan Baitul Maal PLN.


Publis by : Pejuang.Net 
Ikuti kami di channel Telegram : t.me/pejuangofficial
Facebook : https://www.facebook.com/pejuangofficial
Flow Twitter Kami: @PejuangNet 
Sumber : viva

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad