Lewat Forum Bisnis, Indonesia-China Rapatkan Barisan Dalam Kerjasama Ekonomi - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 22 September 2019

Lewat Forum Bisnis, Indonesia-China Rapatkan Barisan Dalam Kerjasama Ekonomi


GELORA.CO - Indonesia dan China semakin merapatkan barisan dalam kerjasama ekonomi dan perdagangan. Hal itu terlihat dari suksesnya kegiatan Forum Bisnis antara kedua negara yang digelar di Beijing akhir pekan kemarin (Rabu, 18/9).


Kegiatan yang mengangkat tema "Doing Business with Wonderful Indonesia" itu digelar oleh KBRI Beijing di Four Seasons Hotel Beijing dan dihadiri oleh lebih dari 200 pelaku usaha asal China dan Indonesia.

Forum bisnis tersebut juga diisi dengan sesi networking dan one-on-one business meeting antara pelaku usaha kedua negara yang berminat menjajaki kerja sama lebih mendalam.


Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kerja sama investasi dan pariwisata antara Indonesia dan China serta merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI Y.M. Djauhari Oratmangun menjelaskan bahwa pelaksanaan Forum Bisnis merupakan upaya KBRI Beijing untuk secara aktif mempromosikan kerja sama ekonomi dengan negara mitra, sejalan dengan arahan Presiden RI.

Sedangkan China merupakan salah satu mitra penting bagi Indonesia di bidang kerja sama perdagangan, investasi dan pariwisata Indonesia. Hubungan bilateral antara kedua negara bahkan telah mencapai level Strategic Comprehensive Partnership.

Sementara itu, dalam keterangan yang diterima redaksi, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Y.M. Desra Percaya menuturkan dalam pidatonya bahwa selain komitmen untuk lebih memperkuat hubungan bilateral, khususnya bidang ekonomi,  Indonesia juga berkomitmen untuk terus melanjutkan upaya mensinergikan Visi Poros Maritim Dunia RI dan Belt and Road Initiative China.

Di antara pelaku bisnis yang hadir dalam forum tersebut adalah berasal dari BP Batam, PT Wijaya Karya (Persero), Xiaomi Inc., Gabungan Pengusaha Jamu dan Kementerian Pariwisata.

Di sela-sela Forum Bisnis juga telah dilaksanakan penandatanganan 9 MoU kerja sama antara pengusaha Indonesia dan China dalam sejumlah sektor. Antara lain sektor investasi pembangunan mesin diesel, mesin pertanian dan suku cadang maupun pemasaran produk obat-obatan tradisional Indonesia di China. (Rmol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad