Dibantu Rusia, Pasukan SDF Sepakat Angkat Kaki Dari Perbatasan Turki-Suriah - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 28 Oktober 2019

Dibantu Rusia, Pasukan SDF Sepakat Angkat Kaki Dari Perbatasan Turki-Suriah


GELORA.CO - Pasukan Demokrat Suriah (SDF) sepakat untuk angkat kaki dari perbatasan Suriah-Turki, sesuai dengan kesepakatan yang dicapai antara Rusia dan Turki pekan lalu.

"SDF sedang memindahkan ke posisi-posisi baru yang jauh dari perbatasan Turki-Suriah di seluruh timur laut Suriah sesuai dengan ketentuan perjanjian untuk menghentikan pertumpahan darah dan untuk melindungi penduduk daerah dari serangan Turki," begitu bunyi keterangan SDF dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (27/10), seperti dikabarkan Al Jazeera.

Dalam pernyataan yang sama, SDF yang dipimpin Kurdi mengatakan bahwa pasukan pemerintah Suriah akan dikerahkan di sepanjang perbatasan tersebut. SDF pun menyerukan agar Rusia membantu memastikan bahwa dialog konstruktif terbangun antara pemerintah Suriah dan pemerintah yang dipimpin Kurdi di timur laut Suriah.

Juru bicara SDF, Mustafa Bali mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa mereka akan dipindahtugaskan ke posisi sekitar 30 kilometer jauhnya dari perbatasan.

Sebagai informasi, Turki dan Rusia sepakat pada 22 Oktober lalu bahwa penjaga perbatasan Suriah dan polisi militer Rusia akan membersihkan daerah perbatasan hingga 30 km ke Suriah dari pejuang YPG Kurdi selama periode enam hari yang akan berakhir besok (Selasa, 29/10).

Turki menganggap SDF, yang dipelopori oleh YPG, sebagai perpanjangan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang terlarang. Bagi turki, mereka merupakan kelompok teroris. [rmol]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad