Koin Dinar Langka dari Zaman Nabi Muhammad SAW Dijual Rp66 Miliar - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 27 Oktober 2019

Koin Dinar Langka dari Zaman Nabi Muhammad SAW Dijual Rp66 Miliar


GELORA.CO - Koin dinar adalah salah satu alat untuk jual beli yang telah digunakan ribuan tahun silam, dan juga telah digunakan oleh Nabi Muhammad SAW. Koin ini terbuat emas murni, yang biasanya memiliki berat sekitar 4,25 gram.

Sehingga tidak heran, jika koin ini bisa bertahan lama dan tidak akan usang dimakan waktu. Kini, salah satu koin paling langka di dunia yang berasal dari tahun 723 dan terbuat dari emas, telah dijual seharga £ 3,7 juta atau setara Rp66 miliar.

Padahal koin ini memiliki ukuran yang sama dengan koin pada umumnya. Tetapi koin dinar yang telah berusia 1.200 tahun ini, memiliki nilai yang jauh lebih tinggi. Lalu siapakah orang yang membeli koin dengan harga fantastis ini?

Tentang koin dinar yang ada sejak ribuan tahun silam
Kembali ke tahun 723, koin itu dibuat dari emas yang ditambang di tambang yang dimiliki oleh Khalifah, penerus Nabi Muhammad SAW, yang terletak di barat laut kota Mekah, Arab Saudi.

Koin ini juga telah digunakan di zaman Umayyah. Tetapi baru-baru ini muncul kembali di rumah lelang London Morton & Eden. Dan ini adalah salah satu prasasti Islam.

Diperkirakan hanya ada sekitar selusin koin dinar ini. Dan hampir semua dimiliki oleh kolektor pribadi atau museum besar.

Dan salah satu yang muncul, kini dijual kepada seorang kolektor anonim. Di mana nama orang tersebut disembunyikan, menurut situs berita Daily Mail.

Spesialis koin Morton & Eden Stephen Lloyd berkata: "Koin ini luar biasa. Bukan saja itu dilestarikan dengan indah dan kelangkaan yang menakjubkan, tetapi juga merupakan dokumen sejarah yang penting."

Semoga pemiliknya saat ini seorang yang tahu dan menghargai perjalanan sejarah Islam.[vv]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad