Indef: Kita Apresiasi Protes Ekonom Asing, BPS Harus Berbenah - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 08 November 2019

Indef: Kita Apresiasi Protes Ekonom Asing, BPS Harus Berbenah


GELORA.CO - Wakil Direktur Institut for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto mengapresiasi sikap protes ekonom asing Gareth Leather mengenai aktivitas pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dianggap tidak sesuai antara BPS dan dalam penelitiannya.

Saya mengapresiasi dalam konteks protesnya dia,” ungkap Eko kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (7/11).

Apa yang dilakukan Gareth dkk pernah dilakukan Indef sebelumnya, memprotes beberapa hal mengenai ekonomi Indonesia salah satunya perkembangan ritel dalam negeri.

Ini kayaknya bukan segitu dan sebagainya, pertanyaan itu banyak sering kita hadirkan sebetulnya. Tahun lalu kita berdebat panjang dengan daya beli naik atau turun, itu juga ada yang bilang shifting, tapi begitu kita cari di data-data ekonomi digital data ritelnya enggak sebanding dengan yang masuk ke digital,” ungkapnya.

Eko menambahkan, apa yang dilakukan Gareth harus menjadi peringatan bagi BPS agar berani mengeluarkan data dan membagikannya kepada masyarakat. Tujuannya agar informasi yang dikeluarkan pemerintah dipercaya oleh publik.

“Jadi ini menurut saya BPS harus lebih terbuka, menurut saya bagaimana proses atau goverments tahapan-tahapan membuat atau merilis data ekonomi begitu,” paparnya.

Kayak dulu saya mengapresiasi Kemenkeu sekarang APBN itu semakin gampang kita akses bentuk-bentuk infografisnya semakin baik artinya itu membuat publik semakin paham apalagi kemmaren ada isu yang DKI (kisruh APBD)jadi publik ini harus tahu tentang data publik,” tandasnya.(rmol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad