Lewat Konsensus Dewan Keamanan PBB, Indonesia Dukung Perpanjangan Misi UNAMID - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 01 November 2019

Lewat Konsensus Dewan Keamanan PBB, Indonesia Dukung Perpanjangan Misi UNAMID


GELORA.CO - Indonesia mendukung pembaruan mandat United Nations-African Union Hybrid Operation in Darfur (UNAMID) selama satu tahun ke depan. Dukungan tersebut tergambar dalam konsensus penerapan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2495 pada Rabu (30/10).

Demikian diungkapkan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dalam laman resminya. Dukungan Indonesia ini membulatkan suara ke-15 anggota Dewan Keamanan PBB untuk mengadopsi Resolusi 2495 dengan memperpanjang misi UNAMID di Sudan.

Dilansir dari laman resmi PBB, nantinya, misi PBB di Sudan ini akan berlangsung hingga 31 Oktober 2020. Adapun pasukan dan polisi akan dikerahkan hingga 31 Maret 2020 untuk menjaga semua objek vital di Darfur.

Dalam resolusi tersebut, Dewan memutuskan agar prioritas mandat mencakup dukungan untuk proses perdamaian dan kegiatan pembangunan. Sebagaimana direkomendasikan dalam laporan khusus Komisi Uni Afrika dan Sekretaris Jenderal PBB.

Misi ini juga akan fokus pada perlindungan warga sipil, fasilitas bantuan kemanusiaan, pemantauan hak asasi manusia, dan dukungan untuk kembalinya para pengungsi secara sukarela. Dewan juga mendesak agar Pemerintah Sudan mematuhi komitmennya untuk menggunakan semua sarana dan prasarana milik tim UNAMID yang diserahkan secara eksklusif untuk tujuan sipil.

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk penyambutan negosiasi damai yang terjadi pada 14 Oktober lalu. Hingga nantinya tercapai perdamaian yang komprehensif dan memungkinkan UNAMID sepenuhnya mundur. [rmol]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad