Kapal Induk Rusia yang Pernah Diturunkan ke Suriah Kebakaran Hebat - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 14 Desember 2019

Kapal Induk Rusia yang Pernah Diturunkan ke Suriah Kebakaran Hebat

Foto: Kapal induk Rusia Admiral Kuznetsov [Foto: Reuters]
PEJUANG.NET - Kebakaran hebat terjadi di satu-satunya kapal induk Rusia, Admiral Kuznetsov. Kapal ini berpartisipasi dalam operasi penggempuran wilayah oposisi Suriah selama hampir dua tahun untuk mendukung rezim Assad.

Kebakaran itu terjadi pada Kamis (12/12/2019) saat kapal berlabuh untuk perawatan dan pemeliharaan rutin di kota Murmansk, Rusia utara.

Direktur kantor Al-Jazeera di Moskow, Zaur Shaog, mengatakan bahwa informasi yang beredar menyebut, api bersumber dari salah satu stasiun bahan bakar siaga dengan pembawa bertenaga diesel.

Informasi lainnya mengatakan bahwa api berasal dari korsleting kabel yang meluas hingga mencakup area besar kapal perang. Selain itu, ada tanda tanya lain mengenai kondisi kapal tersebut kenapa ditarik dari misi militer di pantai Suriah.

Shaog menambahkan bahwa kapal-kapal pemadam kebakaran milik Armada Utara Rusia dikirim untuk menyelamatkan kapal induk ini. Kapal ini merupakan satu-satunya kapal induk yang tersisa dari tujuh kapal induk peninggalan Uni Soviet.

Kantor-kantor berita Rusia mengutip para pejabat yang mengatakan bahwa sepuluh orang terluka dalam kebakaran itu dan tujuh dari mereka harus dirawat intensif.
Sementara pimpinan Armada Utara Rusia mengkonfirmasi kebarakan bisa dikendalikan pada siang hari. Sementara itu, kantor berita Interfax mengutip sumber informasi bahwa itu masih menyala, dan bahwa situasinya tampak sangat sulit.

Interfax mengutip sumber-sumbernya yang mengatakan bahwa sedikitnya sepuluh orang terluka dalam kebakaran itu, salah satunya dalam kondisi kritis. Sementara kantor berita pemerintah TASS mengutip seorang juru bicara untuk Cekungan Zvezdochka yang mengatakan bahwa lebih dari 400 orang berada di kapal ketika kebakaran terjadi.

Para kru dan pekerja di kapal Admiral Kuznetsov dievakuasi setelah kebakaran terjadi.

Kapal induk, yang memulai tugasnya pada tahun 1985 dan dianggap sebagai kebanggaan Angkatan Laut Rusia, masuk pada bulan April 2018 ke cekungan Zvezdochka untuk perbaikan besar. Pada Oktober tahun yang sama menyaksikan jatuhnya crane di atas kapal, yang mengakibatkan empat orang cedera, dan landasan pacu rusak.

Diharapkan bahwa bengkel reparasi akan selesai pada akhir tahun 2020, dengan harapan kapal perang kembali bertugas ke Angkatan Laut pada tahun 2021.

Pada akhir 2016, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoyogo mengkonfirmasi bahwa kapal induk, yang membawa pesawat tempur MiG dan Sukhoi dan helikopter serang, berpartisipasi dalam operasi militer besar-besaran terhadap faksi oposisi Suriah di desa-desa Homs dan Idlib.

Sumber: Al-Jazeera - Kiblatnet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad