Saat Jokowi Minta Prabowo Tawar Harga Alat Perang - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 14 Desember 2019

Saat Jokowi Minta Prabowo Tawar Harga Alat Perang


GELORA.CO - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sedang nego harga ke pedagang senjata. Soalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai harga yang ditawarkan pihak penjual masih kemahalan.

Senjata macam apa yang sedang ditawar Prabowo itu? Yang jelas, senjata (atau senjata-senjata) itu diperlukan Indonesia sehingga harus diusahakan. Indonesia butuh alat utama sistem persenjataan (alutsista) memadai.

Ngomong-ngomong soal senjata, Indonesia punya proyek kersama pembuatan pesawat tempur dengan Korea Selatan, namanya proyek Korea Fighter eXperimental/Indonesia Fighter eXperimental (KFX/IFX). Ini bukan proyek baru tapi belum rampung juga sampai sekarang.

Dilansir AFP pada Oktober 2018 lampau, KFX adalah proyek senilai 8 triliun Won atau sekitar $ 7 miliar. Tujuan proyek ini untuk mengembangkan armada dari 120 pesawat tempur generasi baru yang asli, guna menggantikan pesawat Korsel bikinan Amerika Serikat (AS) yang semakin menua, yakni F-4 dan F-5. Industri Kedirgantaraan Korea dan kedirgantaraan raksasa AS, Lockheed Martin, adalah kontraktor utama di proyek KFX itu. Mesin-mesinnya bakal disuplai oleh perusahaan besar General Electric.

Jakarta meneken persetujuan pada 2016 silam untuk menjadi mitra junior. Jakarta akan menangani 20 persen dari biaya proyek serta menerima satu pesawat purwarupa (prototype). 100 Pekerja Indonesia akan ikut ambil bagian dalam pengembangan dan proses produksi. Apakah detilnya kini sudah berubah? Belum ada keterangan detil sejauh ini.

Menteri Pertahanan (Menhan) Korea Selatan Jeong Kyeong-doo telah menemui Prabowo langsung di Indonesia, juga menemui Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md. Lawatan Kyeong-doo ke negara ini juga membahas proyek KFX/IFX.

"Itu sekarang masih sedang dinegosiasi dan voice point dari Indonesia yang ditunjuk Pak Prabowo, Menhan, untuk berbicara antar-Menhan. Dia ke sini hanya memberi tahu bahwa dia datang ke Indonesia dan ketemu Pak Prabowo. Jadi tidak ada yang spesifik diputuskan," ucap Mahfud di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (12/12) kemarin.

Sehari kemudian, Jumat (13/12), Prabowo melangkah ke kantor Mahfud. Lewat penjelasan Prabowo usai pertemuan dengan Mahfud, terungkap bahwa Jokowi memerintahkan Prabowo untuk menawar harga alutsista itu sebelum melakukan pembelian.

"Alutsista dianggap mungkin terlalu mahal. Sedang ditinjau kembali, kita sedang mereview, mengkaji. Kita diperintah menego kembali begitu oleh Bapak Presiden," kata Prabowo usai bertemu Menko Polhukam Mahfud Md di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019).

Tentu Prabowo patuh dengan Jokowi. "Kita kan pelaksana, jadi ya kita harus pandai pandai untuk menjaga kepentingan nasional," imbuhnya.

Apakah alutsista yang ditawar Prabowo itu adalah proyek KFX/IFX? Belum ada keterangan dari Prabowo sejauh ini. Prabowo enggan menanggapi ketika ditanya tentang kelanjutan kerjasama pesawat KFX/IFX.[dtk]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad