Senyum Roy Suryo yang Punya 'Hutan' Parabola Sejak 25 Tahun Lalu - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 17 Desember 2019

Senyum Roy Suryo yang Punya 'Hutan' Parabola Sejak 25 Tahun Lalu


GELORA.CO - Foto rumah milik mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, viral di media sosial. Sebab foto itu menunjukkan ada banyak parabola yang terpasang di rumah Roy Suryo.

Foto itu salah satunya diunggah di akun Instagram @mejakerjaku dengan sebagian caption:

"Gimana pendapatmu? Sebuah gambar yang memperlihatkan rumah yang diketahui milik Roy Suryo viral di media sosial Twitter."

Detikcom kemudian menyambangi kediaman Roy di Padukuhan Kutu Dukuh, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Tampak di bagian atap rumah berlantai dua itu dipenuhi belasan parabola dengan berbagai ukuran. Jumlah parabola yang terlihat ada 12 unit.

Roy menjelaskan, parabola-parabola itu sudah sejak lama dipasang di rumahnya.

"Sebenarnya parabola-parabola itu sudah ada di rumah saya, semenjak sekitar 25 tahun lalu, lho," kata Roy melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (16/12/2019).

Roy justru mengaku heran mengapa 'hutan' parabolanya baru viral akhir-akhir ini. "Kok baru viral sekarang?" ujarnya.


Senyum Roy Suryo yang Punya 'Hutan' Parabola Sejak 25 Tahun Lalu
Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Politisi Partai Demokrat itu menyebutkan parabolanya hingga kini masih aktif dan memiliki fungsi masing-masing. Setiap parabola disebutnya terhubung dengan berbagai satelit.

"Dan itu bukan hiasan atau dekorasi lho, karena semua (parabola yang dipasang di rumahnya) ada fungsinya. Semua parabola masih aktif sampai sekarang, tapi ada satu yang lagi diperbaiki mounting-nya karena antisipasi bahaya angin akhir-akhir ini," jelasnya.

"Fungsi (parabola) memang berbeda-beda, tergantung satelit dan data yang ada di dalamnya. Tetapi, dulu pertama kali yang dipasang memang parabola dengan LNB (Low Noise Blockdown-converter) untuk siaran-siaran TV dan radio mancanegara, cuma sekarang fungsinya sudah banyak berkembang," ujarnya.

>
Roy juga mengakui pemasangan parabola tersebut untuk mempermudah akses internet. Selain itu, ia memanfaatkan keberadaan satelit yang kebetulan berada di garis Khatulistiwa.

"Banyak yang bertanya buat apa, saya senyum saja. Karena banyak data-data selain akses internet juga video dan audio, intinya semua satelit berada di garis Khatulistiwa, dan kita beruntung berlokasi di bawahnya," ujar Roy.

"Kalau sedikit lebih teknis, selain satelit Palapa, Telkom, Nusantara, Satria milik Indonesia, banyak satelit-satelit mancanegara lainnya, seperti Asiasat, Measat, Intelsat, Insat, Chinasat, ABS, Optus, Apstar, JCSat, ST, Telstar, Thaicom, Koreasat, Express, Yamal bahkan juga Vinasat, Laosat dan sebagainya. Makanya saya selalu sampaikan, kita bersyukur tinggal di Indonesia," urainya.


Senyum Roy Suryo yang Punya 'Hutan' Parabola Sejak 25 Tahun Lalu
Foto: Pradito Rida Pertana

Lalu, berapa biaya yang dihabiskan Roy Suryo untuk memasang belasan parabola itu? Roy enggan menyampaikannya. Ia hanya menyebut pemasangan parabola memakai uang pribadi.

"Soal biaya, seperti biasa saya senyum saja mas, soalnya kan semua dipasang sendiri. Dan kalau soal (parabola yang) mahal dan tidak, saya sekali lagi (senyum) saja," ujarnya.[dtk]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad