Wiranto Kembali di Lingkaran Jokowi - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 14 Desember 2019

Wiranto Kembali di Lingkaran Jokowi


GELORA.CO - Wiranto kembali. Mantan Panglima ABRI ini kembali masuk ke lingkaran pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wiranto merupakan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) di Kabinet Kerja atau periode pertama Jokowi. Wiranto dilantik menjadi Menko Polhukam pada 2016 menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan.

Posisi Wiranto tak tergantikan hingga akhir periode pertama Jokowi. Setelah satu bulan lebih tak berada di lingkaran Jokowi, Wiranto kini kembali.

Jokowi memilih Wiranto sebagai satu dari sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Tak sekadar anggota, Wiranto juga dipercaya menjadi Ketua Wantimpres.

"Mengangkat saudara Wiranto sebagai ketua merangkap anggota," demikian bunyi petikan Keppres yang dibacakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019).

Setelah pembacaan Keppres, para anggota Wantimpres diambil sumpahnya. Jokowi memimpin langsung pengucapan sumpah jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah/Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara bahwa saya dalam menjalankan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, kerja sebaiknya-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Jokowi diikuti anggota Wantimpres yang dilantik.

Jokowi pun mengungkap pertimbangannya menunjuk Wiranto menjadi Ketua Wantimpres. Wiranto dinilai sudah berpengalaman di pemerintahan.

"Tadi saya sampaikan, masalah pengalaman, track record, Pak Wiranto kan track record dan pengalamannya panjang di pemerintahan," kata Jokowi.

"Menangani banyak masalah, ini kan memberikan pertimbangan dan nasihat kepada presiden," sambungnya.

Wiranto pun mengaku tidak mudah untuk memberi pertimbangan kepada Jokowi. Namun, dia yakin pengalaman sebagai Menko Polhukam di periode pertama Jokowi bisa membuatnya paham obsesi kenegarawanan Jokowi.

"Memang tidak mudah, tidak mudah untuk memberikan pertimbangan kepada presiden yang instrumen sangat lengkap. Tetapi 3,5 tahun ini saya terus mengikuti beliau. Paling tidak saya paham obsesi kenegarawanan beliau tentang negeri ini saya juga sudah paham," kata Wiranto.

Wiranto dan jajaran Wantimpres akan melakukan serah terima jabatan dengan Sri Adiningsih dkk pada hari Senin (16/12). Setelah itu, Wiranto akan bekerja secara efektif.

"Hari Senin nanti saya baru bekerja, itu pun baru nanti serah terima dengan yang lama. Setelah itu baru saya akan bicara," ujar Wiranto.

Berikut daftar Wantimpres yang baru dilantik Jokowi:

1. Sidharto Danusubroto (PDIP)
2. Wiranto (eks Menko Polhukam/Pendiri Hanura)
3. Arifin Panigoro (pengusaha)
4. Agung Laksono (Golkar)
5. Putri Kuswisnu Wardani (pengusaha)
6. Dato Sri Tahir (pengusaha)
7. M Mardiono (PPP/pengusaha)
8. Habib Luthfi bin Yahya (Ulama)
9. Soekarwo (eks Gubernur Jatim)
[dtk]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad