HAMAS DAN SYIAH - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 27 Mei 2021

HAMAS DAN SYIAH



Beberapa hari lalu, terjadi konflik antara Palestina dengan Israel. Setelah 11 hari terjadi perang, maka sekarang sedang dilakukan gencatan senjata. Ada info klasik seputar hubungan Hamas, gerakan perlawanan dari Palestine yang nota bene bermazhab sunni dan juga Iran yang notabene adalah Pusat syiah di dunia.
Apakah hamas di palestina, yang berperang dengan israel, merupakan pengikut syiah? Jika ya, mengapa di indonesia banyak yang mendukung? Sementara kebanyakan muslim indonesia anti syiah.
====
Rufus Panjaitan
Apakah Hamas beraliran Syiah?
Tidak. Hamas (Ḥarakat al-Muqāwamah al-ʾIslāmiyyah / Gerakan Perlawanan Islam) adalah organisasi berideologi Ikhwanul Muslimin, ideologi Islam politik yang bisa mempraktekkan jihad maupun demokrasi. Hamas, sebagaimana IM, jelas Islam Sunni.
Mengapa di Indonesia banyak yang mendukung?
Issue Palestina akan selalu populer di Indonesia. Kalau dulu di tahun 70–90an figur Yasser Arafat dan PLO yang populer, pasca pendirian negara Palestina dan PA (Otoritas Palestina, pemerintah resmi Palestina) berdiri, Arafat dan PA tidak lagi mengambil kebijakan konfrontasi dengan Israel. Hamas yang berdiri belakangan (1987, setelah Intifada pertama) masih mempertahankan perjuangan fisiknya (konflik bersenjata) yang membuatnya tetap populer sebagai organisasi perlawanan anti Zionis.
Satu hal lagi yang membuat Hamas populer dan dipandang sebagai representasi Palestina di kalangan orang Indonesia (sebagai pengingat, Hamas walaupun pemerintah de facto di Jalur Gaza, bukanlah pemerintah resmi Palestina. Pemerintah resmi Palestina yang diakui internasional adalah PA), yaitu dengan adanya organisasi se-ideologi di Indonesia, yaitu PKS. PKS punya jaringan yang cukup kuat untuk muslim urban khususnya di kalangan kaum muda, yang banyak menyebarkan bahan-bahan informasi (akurat ataupun tidak) tentang konfrontasi Hamas vs Israel di Jalur Gaza.
Apa hubungannya Hamas dengan Syiah?
Mungkin karena Hamas pernah mendapat dukungan penuh dari Iran (yang mayoritas Syiah) dan Suriah.
Sementara organisasi anti Israel yang memiliki haluan konfrontasi yang sama dengan Hamas adalah Hezbollah. Nah ini baru organisasi Syiah, dari aliran 12 (twelver) yang menganut velayat-e-faqih, yaitu ideologi Syiah politis yang sama dengan Republik Islam Iran. Hamas tadinya temenan sama Hezbollah, Suriah, dan Iran. Tapi gara-gara di Perang Saudara Suriah Hamas berpihak pada pemberontak, hubungan itu kelihatannya sudah jadi dingin. Hamas sudah berupaya berbaikan lagi, tapi masih belum tahu bagaimana hasilnya.
Sejauh ini pendukung kuat Hamas adalah Turki dan Qatar, tapi saya tidak yakin dua negara sekutu AS ini memberi dukungan senjata ke Hamas. Mungkin hanya dukungan finansial saja.

Sumber : id.quora dot com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad