Imam Abu Hanifah pun Menyatakan bahwa Syiah Sesat - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 17 November 2021

Imam Abu Hanifah pun Menyatakan bahwa Syiah Sesat

Setelah sebelumnya kita mengetahui apa sikap Imam Asy-Syafi’I dan Imam Malik terhadap syiah, maka berikut ini keterangan tentang sikap Abu Hanifah terhadap sekte ini:


وذكر السبكي أن مذهب أبي حنيفة وأحد الوجهين عند الشافعي والظاهر من الطحاوي في عقيدته كفر ساب أبي بكر ، فتاوى السبكي 2/590) . وقد ذكر في كتاب الفتاوى أن سب الشيخين كفر وكذا إنكار إمامتهما". وكان أبو يوسف صاحب أبي حنيفة يقول: " لا أصلي خلف جهنمي ولا رافضي ولا قدري . انظر شرح أصول اعتقاد أهل السنة للإمام اللالكائي 4 / 733

Imam As-Subki menyebutkan bahwa madzhab Abu Hanifah dan salah satu pendapat syafi’I dan yang lahir dari Ath-Thahawi dalam akidahnya adalah kekufuran orang yang mencela Abu Bakar. (Fatawa As-Subki 2/590)


 

Dan Imam As-Subki juga menyebutkan bahwa mencela asy-syaikhani (Abu Bakar dan Umar)adalah kekufuran, demikian pula jika mengingkari kepemimpinan mereka berdua. “

Dan  Abu Yusuf, sahabat Abu Hanifah berkata, “Aku tidak shalat di belakang penganut jahmiyyah dan tidak pula syiah rafidhah dan juga qadariyyah (pengingkar takdir). “ lihat Syarh Ushul I’tiqad Ahlissunnah wal Jama’ah karya Imam Al-Lalika’i.

Sumber : Kompasiana com /nugrahaentra/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad