LIPI: Gempa 9 SR 400 Tahun Lalu di Selatan Jawa Bisa Berulang - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 04 Agustus 2019

LIPI: Gempa 9 SR 400 Tahun Lalu di Selatan Jawa Bisa Berulang


PEJUANG.NET - Gempa bumi sering terjadi di berbagai wilayah Indonesia akhir-akhir ini, termasuk Pulau Jawa. Terakhir, gempa dengan magnitudo 6,9 melanda wilayah Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, pukul 19.03 WIB tadi malam, yang getarannya terasa kuat hingga Jakarta.

Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Eko Yulianto mengatakan, gempa dengan magnitudo 9,0 yang terjadi sekitar 400 tahun lalu di selatan Jawa berpotensi berulang Namun, belum diketahui pasti waktunya kapan akan terjadi.

“Gempa raksasa itu skalanya sembilan atau lebih besar. Dan itu pernah terjadi di selatan Jawa. Sudah dapat dipastikan akan terjadi lagi meski tidak tahu waktunya kapan,” kata Eko saat dihubungi di Jakarta, Jumat (2/8/2019) malam.

Dia menuturkan, penelitian menemukan bukti bahwa ada potensi tsunami raksasa di selatan Jawa. “Karena tsunami raksasanya ada, berarti gempa raksasanya juga ada,” tutur Eko.

“Yang kami temukan sekitar 400 tahun lalu, yang kemudian ketika kami cross check dengan data sejarah, kami menduga bahwa kejadian itu sekitar tahun 1584 atau 1586 yang kemudian terkait dengan lahirnya mitos atau legenda Ratu Laut Selatan Nyi Roro Kidul itu,” ujarnya. Eko mengatakan, menjadi suatu keniscayaan gempa dengan magnitudo 9,0 itu bakal berulang.

“Gempa itu kan siklus pengumpulan energi, dan kemudian dilepaskan dan selalu berulang seperti itu. Semakin besar energi yang dilepaskan maka semakin lama waktu yang diperlukan. Semakin kecil gempa dia pengulangannya makin pendek yang artinya makin sering terjadi,” katanya. Menurut dia, pada umumnya gempa dengan magnitudo sekitar 7,4 memiliki waktu perulangan 30-50 tahun.

Tadi malam, gempa bumi bermagnitudo 7,4 terjadi di posisi 147 km barat daya Sumur-Banten pada pukul 19.03 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami pascagempa tersebut untuk wilayah Lampung dan Banten pada pukul 19.08 WIB. Peringatan itu dicabut dua jam setelahnya.


Publis by : Pejuang.Net 
Ikuti kami di channel Telegram : t.me/pejuangofficial
Facebook : https://www.facebook.com/pejuangofficial
Flow Twitter Kami: @PejuangNet 
Sumber : inews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad