Lira Imbau Semua Pihak Bangun Narasi Positif Untuk Papua Damai - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 29 September 2019

Lira Imbau Semua Pihak Bangun Narasi Positif Untuk Papua Damai


GELORA.CO - Ketua Pemuda Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Papua, Steve Elson Mara mengajak masyarakat Indonesia untuk membangun narasi positif untuk Papua damai dari gejolak berkepanjangan.

Semenjak aksi demo pelajar yang dilanjutkan dengan aksi bakar bangunan pemerintah dan rumah warga di Kabupaten Jayawijaya (Wamena) tercatat telah memakan puluhan korban jiwa.

Situasi di Wamena Jayawijaya saat ini menurut pantauan di lapangan sudah mulai membaik tetapi masih banyak masyarakat yang trauma dengan kejadian tersebut dan ingin segera keluar dari Wamena.

Hal itu terlihat pada ratusan masyarakat terlihat memadati bandara udara setiap harinya untuk mendapatkan tiket pesawat keluar dari Wamena.

Sementara itu, transportasi udara (pesawat) komersial sebagai satu-satunya alat transportasi yang dapat digunakan keluar dari kota ingin ini sampai saat ini belum membuka pelayanan.

Konfirmasi awal pada saat terjadi kerusuhan, pihak bandara menutup akses transportasi udara hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Namun, yang terlihat di bandara udara Wamena adalah pesawat milik TNI AD (Hercules) yang dibuka untuk melayani masyarakat secara khusus.

Steve mengimbau kepada masyarakat Wamena untuk tetap menjaga keamanan diri sendiri dan lingkungan di sekitar serta tidak melakukan aktivitas yang dapat menimbulkan kerugiaan bagi diri sendiri.

“Wamena ini kota kelahiran saya, dan kota tempat saya dibesarkan. Saya tumbuh bersama derasnya kali Baliem dan kencangnya angina kurima sehingga membuat saya sangat sedih ketika melihat kota Wamena ini kembali terjadi kejadian berdarah seperti saat ini”, kata Steve, lewat siaran persnya, Minggu (29/9).

Guna meredam konflik yang ada di Wamena, Steve mendesak agar aparat keamanan menangkap dalang kerusuhan agar bumi cenderawasih damai dan tenang.

“saya berharap tim terpadu yang menangani kasus Wamena ini cepat resolusi untuk menyelesaikan kasus Wamena, dan para pelaku kejahatan agar segera ditemukan dan dihukum sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia. Serta, aktor intelektual di balik peristiwa yang terjadi di Papua ini agar segera di tangkap,” ujarnya.

Mahasiswa S2 Univeristas Pertahanan jurusan perdamaian dan resolusi konflik ini juga berharap agar masyarakat Indonesia terutama di Papua agar tidak termakan isu atau provokasi mengenai insiden di Papua.

Saya juga mengharapkan masyarakat Indonesia khususnya di Papua agar tidak mudah terprovokasi dengan semua isu yang beredar di masyarakat, kita percayakan kasus ini kepada pihak berwajib agar segera diselesaikan,” katanya.

“ Warga masyarakat agar tidak membangun narasi negatif yang dapat memecah bela persatuan dan kesatuan bangsa, tetapi sebaliknya kita membangun narasi damai atau narasi positif yang membangun kedamaian di antara kita. mari kita bersatu kita membangun bangsa Indonesia dari tempat dimana matahari terbit,” tutupnya. (Rmol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad