Perbaikan Neraca Perdagangan Jadi Poin Jokowi Untuk Dibereskan Airlangga Hartarto - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 24 Oktober 2019

Perbaikan Neraca Perdagangan Jadi Poin Jokowi Untuk Dibereskan Airlangga Hartarto


GELORA.CO - Ada pesan penting yang disampaikan Presiden Joko Widodo kepada Airlangga Hartarto untuk menjalankan tugas barunya sebagai Menteri Koordinator Perekonomian.

“Ada beberapa pesan bapak Presiden, yang pertama harus dibuat program untuk mengurangi transaksi neraca berjalan agar tidak defisit,” ungkap Airlangga usai serah terima jabatan di Gedung Kemenko Perekonomia, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (23/10).

Selain itu, Jokowi juga meminta beberapa program sektor riil, termasuk mencari cara agar neraca perdagangan bisa diperbaiki.


“Kita ketahui bersama dua sektor dari segi industri ekspor atau nonmigas kita masih positif, migas defisit. Sehingga langkah apa yang perlu dilakukan agar defisit migas ini bisa dikurangi,” paparnya.

Jokowi juga berharap agar Menko Perekonomian mampu menyelesaikan program subtitusi impor. “Salah satu quick win yang bisa dilakukan antara lain menyelesaikan restrukturisasi TPPI dan mengurangi dengan waktu yang relatif lebih singkat,” tegasnya.

Pihaknya juga menyampaikan langkah untuk mendorong pelaksanaan biofuel B30 tahun depan, serta program untuk mendorong P100 untuk perbaikan sektor migas.

Selanjutnya tentu impor LPG untuk meningkatkan kapasitas. Jadi kalau bicara meningkatkan kapasitas untuk ekspor, salah satunya itu adalah investasi. Investasi yang didorong adalah kapan B100 bisa didorong, sudah ada beberapa industri mengatakan akan investasi, jadi semua opsi akan kita pelajari,” ucapnya.

“Indusrti yang menciptakan lapangan pekerjaan, bagaimana infrastruktur itu menghubungkan jalur ekonomi, termasuk untuk industri kecil,” tandasnya.(rmol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad