Endorsement Amien Rais Dinanti Partai Matahari Putih - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 26 November 2019

Endorsement Amien Rais Dinanti Partai Matahari Putih


GELORA.CO - Partai Amanat Nasional (PAN) dihadapkan dengan pemilihan ketua umum baru. Endorsement Amien Rais dinanti Partai Matahari Putih itu.

Ada lima nama yang muncul untuk duduk di kursi Ketum PAN mendatang. Mereka ialah Hanafi Rais, Mulfachri Harahap, Asman Abnur, Bima Arya, dan Ketum PAN petahana Zulkifli Hasan. Kelimanya menyatakan siap untuk maju.

Ketua DPP Bidang Politik dan Komunikasi PAN Bima Arya siap maju sebagai caketum PAN. Namun, meski siap maju, Bima mengatakan belum ada persiapan. Dia ingin dukungan kepada dirinya kelak sebagai caketum merupakan dukungan konkret.

"Dukungan itu harus nyata, harus konkret bukanya sebagai bentuk suara, tapi sebagai suatu keinginan untuk jadikan PAN tetap sebagai partai yang pro perubahan dan reformasi," ucap Bima di Sentul International Convention Center, Bogor, Rabu (13/11/2019).

Sementara itu, Zulkifli Hasan sudah mendapat dukungan dari 28 pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN). Mereka akan mendukung Zulkifli dalam Kongres PAN nanti.

Para pengurus 28 DPW dari 34 DPW PAN tersebut menilai sosok Zulkifli masih dibutuhkan untuk memimpin partai berlambang matahari terbit tersebut.

"Menurut teman-teman yang paham eskalasi daerah, figur Bang Zul masih dibutuhkan. Mereka meminta Bang Zul kembali memimpin. Bang Zul pun mengatakan 'ini bukan masalah pribadi saya, tapi karena teman yang meminta bismillah, karena teman-teman yang meminta saya'," Ketua DPP PAN Yandri Susanto kepada wartawan, Senin (25/11/2019).

Penantang Zulkifli yang paling mencolok yakni putra Amien Rais, Hanafi Rais. Hanafi yang kini menjadi Ketua Fraksi PAN di DPR, sedang didorong maju oleh para loyalis Amien Rais untuk masuk ke gelanggang perebutan kursi ketua umum.

Pengamat politik Siti Zuhro menilai sosok Amien Rais masih kuat dalam penentuan ketua umum. Peran Amien dinilai seperti sosok Megawati Soekarnoputri di tubuh PDIP.

"Kali ini Pak Amien Rais akan masih, menurut saya, masih berpengaruh. Meskipun pastinya dari waktu ke waktu ini terkurangi, tapi masih terpengaruh. Perannya masih ikut menentukan lah arahnya PAN. Ya 11-12-lah kayak Bu Mega di PDIP," kata Siti Zuhro di kawasan Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (24/11/2019).

Menurut Siti, Amien Rais akan mencari sosok yang bisa mendongkrak elektoral PAN pada 2024. Pasalnya, persaingan partai politik ke depan dinilai akan semakin kompetitif.

Meski demikian, Amien Rais bukan satu-satunya pemilik suara. Karena itulah, Siti menyebut Zulkifli Hasan sebagai petahana berpotensi terpilih kembali meski berhadapan dengan Hanafi Rais. Lantas kemana endorsement Amien Rais untuk kursi Ketum?

Pemilihan ketua umum PAN akan digelar di kongres pada Maret 2020. Sebelum kongres, PAN akan menggelar rakernas pada bulan depan. Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan meminta seluruh pihak untuk menunggu.

"Kalau Pak Amien sendiri, kita tunggu aja. Beliau pasti mengetahui waktu yang tepat untuk memberikan endorsement. Jadi, tidak usah terburu-buru," kata Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Senin (25/11/2019).

Menurut Saleh, Amien Rais bisa saja akan mendukung salah satu kandidat Ketum PAN tersebut. Amien disebutnya ingin PAN semakin maju di bawah kandidat ketum yang didukungnya.

"Sebagai pendiri dan sesepuh di PAN, wajar jika beliau memiliki keinginan agar PAN menjadi maju dan semakin baik dalam melayani rakyat. Semua kandidat masih sama saja. Dukungannya pun belum mengerucut pada satu kandidat tertentu. Masing-masing sedang berupaya mencari simpati dan dorongan dari wilayah dan daerah-daerah," pungkasnya.[dtk]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad