Ibukota Giat Bangun Jalur Sepeda, Senator Jakarta: Sebuah Langkah Yang Baik - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 13 November 2019

Ibukota Giat Bangun Jalur Sepeda, Senator Jakarta: Sebuah Langkah Yang Baik


GELORA.CO - Keseriusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadikan ibukota sebagai tempat yang ramah bagi pesepeda patut diapresiasi.

Bahkan dalam Kebijakan Umum APBD Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUAPPAS) 2020, terdapat anggaran pembangunan jalur sepeda sebesar Rp 62 miliar.

Besarnya anggaran ini dinilai sebagai salah satu langkah serius Pemprov DKI Jakarta menjadikan sepeda bagian integral dari sistem transportasi kota.


Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Fahira Idris mengungkapkan, apa yang Pemprov DKI rencanakan mematahkan stigma kebanyakan perencanaan transportasi di berbagai kota Indonesia yang belum menjadikan sepeda sebagai bagian integral dari sistem transportasi kota.

“Jika kebijakan ini konsisten, Jakarta punya potensi besar menjadi salah satu kota ramah sepeda," kata Fahira Idris, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta (11/11).

"Memang sudah saatnya sepeda dijadikan bagian integral dari sistem transportasi kota. Oleh karena itu, baik program maupun penganggarannya juga harus jadi prioritas,” sambungnya.

Menurut Fahira, menjadikan sebuah kota ramah sepeda adalah pekerjaan besar dan butuh puluhan tahun. Ia pun mengambil contoh dengan apa yang terjadi di Amsterdam.

"Tahun 1980, Pemerintah Kota Amsterdam sudah menetapkan bahwa sepeda adalah transportasi masa depan mereka," kata Fahira.

Visi ini sebagai respons dari tingginya pencemaran udara akibat pembangunan infrastruktur jalan yang hanya diprioritaskan untuk kendaraan bermotor dan tingginya angka kecelakaan di Amsterdam saat itu.

Semua sumber daya terutama anggaran pun dikerahkan sehingga pembangunan besar-besaran berbagai infrastruktur bagi pesepeda mendapat atensi dan dukungan publik. Warga Amsterdam akhirnya meninggalkan mobil dan beralih ke sepeda.

Jadi apa yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta saat ini (melipatgandakan jalur sepeda) adalah sebuah langkah awal yang baik," terang Senator Jakarta ini.

"Saya yakin jika program ini dijalankan dengan konsisten dan didukung oleh keberbihakan anggaran, 10 atau 20 tahun ke depan, sepeda akan menjadi pemandangan di jalanan Jakarta. Tempat-tempat parkir yang didominasi kendaraan bermotor perlahan akan berganti, diisi dengan sepeda,” pungkas Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI ini. (Rmol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad