Soal Cadar, Menag Diminta Lebih Bijak Dalam Bersikap - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 01 November 2019

Soal Cadar, Menag Diminta Lebih Bijak Dalam Bersikap


PEJUANG.NET - Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM Muhammadiyah, Maneger Nasution mengingatkan bahwa Menteri Agama Fachrul Razi harus lebih bijak dalam mengambil keputusan. Pernyataan Maneger ini menyusul wacana Menag untuk melarang cadar di instansi pemerintah.

“Sekiranya ada perbedaan pandangan antara Pimpinan Instansi Pemerintah dengan pegawainya sendiri, ada baiknya pihak pimpinan instansi pemerintah menempuh cara-cara yang persuasif dan edukatif dengan mengedepankan dialog dengan pegawainya untuk menyelesaikan persoalan,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Kamis (31/09/2019).

Di sisi lain, warga juga harus bisa untuk berdialog. Menurutnya, masyarakat harus menghindari sikap ekslusifitas dan pemutlakan terhadap argumennya sendiri yang memantik semakin terbukanya sikap saling curiga.

“Semua pihak bersetuju bahwa keberagamaan yang dikembangkan di Indonesia adalah keberagamaan yang otentik, inklusif, dan humanis, bukan keberaganaan yang ekslusif,” tuturnya.

Untuk itu, kata dia, dalam menyelesaikan persoalan yang sering dinarasikan pejabat sebagai radikalisme berbasis agama, sebaiknya dicari persoalan hulunya. Maneger menegaskan bahwa cadar bukanlah masalah inti dari radikalisme.

“Pelarangan dan apalagi penghukuman adalah persoalan hilir. Kalau persoalan hulunya tidak tersentuh, persoalan hilir akan terus terlahir. Pejabat publik sebaiknya lebih bijaksana dalam laku dan kata, jangan hanya merasa serba bisa, tapi juga harus bisa merasa sensitifitas publik,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Menag Fachrul Razi berencana melarang cadar di instansi pemerintah. Langkah ini diambil Fachrul untuk alasan keamanan pasca penusukan Wiranto.

Publis by : Pejuang.Net 
Ikuti kami di channel Telegram : t.me/pejuangofficial
Flow Twitter Kami: @PejuangNet 
Sumber : kiblat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad