Dipenjara Karena Perjuangkan Jilbab, Begini Kisah Yüksel Şenler - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 19 Januari 2020

Dipenjara Karena Perjuangkan Jilbab, Begini Kisah Yüksel Şenler


PEJUANG.NET - Dia dituntut, didakwa, dan dipenjara selama 9 bulan. Tapi hal itu tidak menghentikan keyakinannya.

Şule Yüksel Şenler, lahir pada tahun 1938 dan dibesarkan di Istanbul. Meskipun harus putus sekolah di kelas 8, ia kemudian menjadi penulis, jurnalis, dan aktivis jilbab yang sukses!

Sebelumnya, selama bertahun-tahun dia tidak tertarik mengenakan jilbab. Dia tumbuh di Turki yang mendorong sekularisme, di mana perempuan harus memilih antara jilbab atau sekolah resmi, dan karier profesional.

Keluarganya mengadopsi gaya hidup sekuler kecuali saudaranya, Özer, seorang pengikut Said Nursi, seorang teolog Muslim yang memainkan peran penting dalam kebangkitan Islam di Turki. Di usia 20-an, dia mulai menghadiri pertemuan para pengikut Nursi, tetapi masih tidak tertarik dengan jilbab.

Ketika ditanya tentang pakaiannya di pertemuan, dia akan berkata: “Jika kamu tidak menerimaku seperti ini, aku tidak akan datang lagi.”

Tetapi pada tahun 1965, pada usia 27 tahun, Şenler mulai berdoa dan mulai mengenakan kerudung. Jurnalis berjilbab pertama di Turki, Şenler menggunakan platformnya untuk menulis tentang wanita Muslim dan jilbab.

Pada tahun 1967, Persatuan Wanita Turki mengajukan gugatan terhadapnya untuk sebuah artikel di mana dia menulis: “Ini adalah suatu keharusan bahwa wanita Muslim mengenakan jilbab mereka.”

Selama tahun 60-an dan 70-an ia berkeliling Turki untuk memberikan ceramah dan banyak pengikutnya mulai mengenakan jilbab, tetapi tindakannya tidak luput dari perhatian oleh kekuatan saat itu.

Satu konferensi khususnya, di Fakultas Bahasa, Sejarah dan Geografi Ankara, pada tahun 1971, menarik perhatian presiden saat itu, Cevdet Sunay, yang mengatakan:

“Mereka yang berada di belakang [meningkatnya jumlah] wanita yang dilindungi di jalanan akan dihukum …”

Şenler menjawab dalam sebuah surat kepada Sunay yang mengatakan bahwa dia “harus meminta maaf kepada Allah dan bangsa.”

Surat perintah dikeluarkan untuk menangkapnya. Ketika dia dirawat di rumah sakit, polisi mendatanginya, tetapi dokter membantunya melarikan diri.

Dia hidup dalam pelarian dengan menderita TBC. Karena tidak bisa lagi, dia menyerahkan diri ke polisi dan dijebloskan ke penjara Bursa untuk hukuman 9 bulan. Setelah kemarahan publik, Sunay memaafkannya selama dua bulan, tetapi dia menolak amnesti dan melaksanakan seluruh hukumannya, meskipun kesehatannya buruk.

Setelah pembebasannya, dia terus melawan dengan memberikan ceramah dan menulis artikel dan buku selama bertahun-tahun.

Pada usia 81, Şenler meninggal pada 28 Agustus 2019 setelah 8 bulan dirawat di rumah sakit.

Sumber: Ilmfeed

Publis by : Pejuang.Net │ Join Telegram : t.me/pejuangofficial │ kiblat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad