Megawati Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR Periode 2019-2024 - Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Pejuang.Net - Pusat Berita Islam Indonesia

Situs Islam Rujukan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 03 Oktober 2019

Megawati Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR Periode 2019-2024


GELORA.CO - PDI-P menyatakan dukungan kepada Bambang Soesatyo (Bamsoet) dari F-Golkar untuk mengisi kursi Ketua MPR periode 2019-2024. Dukungan itu diberikan atas arahan langsung dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Sesuai arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR," kata Ketua F-PDIP MPR Ahmad Basarah kepada wartawan, Rabu (2/10/2019).

Menurut Basarah, dukungan kepada Bamsoet diambil dengan pertimbangan demokrasi di mana parpol pemenang pemilu berbagi kekuasaan dengan parpol lainnya. Meski PDIP menjadi pemenang pemilu dan telah mendapatkan kursi Ketua DPR, Basarah menyebut PDIP bukan partai yang mengambil semua kursi.

"PDI-P meyakini bahwa semangat demokrasi Pancasila bukanlah the winner takes (it) all (pemenang pemilu mengambil semua), sehingga kursi Ketua MPR kami serahkan kepada parpol lain karena Ketua DPR sudah dipimpin oleh kader PDI Perjuangan dan jabatan Presiden yang juga dijabat oleh kader PDI Perjuangan," jelasnya.

Meski demikian, dukungan PDI-P kepada Bamsoet dan Partai Golkar bukan tanpa syarat. Basarah menyebutkan sejumlah syarat yang diberikan PDI-P kepada Golkar dalam pertemuan pimpinan fraksi MPR siang tadi.

"PDI Perjuangan meminta agar pemilihan Ketua MPR harus dilakukan secara musyawarah dan mufakat serta sedapat mungkin menghindari voting. PDI Perjuangan mempersilakan Fraksi Partai Golkar untuk melobi parpol lain agar mendukung pemilihan secara musyawarah mufakat," ungkap Basarah.

Selain itu, PDI-P meminta Bamsoet dan Golkar berkomitmen menjaga kepastian jalannya pemerintahan Jokowi sesuai konstitusi sampai akhir masa jabatan 2024. Tak ketinggalan, syarat mendukung amendemen UUD 1945 untuk menghadirkan kembali GBHN juga diberikan kepada Bamsoet.

"PDI Perjuangan juga meminta Bamsoet mendukung kelanjutan rencana amandemen terbatas UUD 1945 untuk hadirkan Haluan Negara melalui Ketetapan MPR. Kemudian melanjutkan dengan sungguh-sungguh program Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang digagas pada awalnya oleh HM Taufiq Kiemas serta mendukung MPR untuk bekerja sama dan bersinergi dengan BPIP dalam tugas-tugas pembinaan ideologi bangsa," ucapnya.

Seluruh agenda itu, disebut Basarah, sudah menjadi rekomendasi dari MPR 2014-2019 kepada MPR 2019-2024. Ia mengatakan syarat kepada Bamsoet dan Golkar itu mendapat respons yang baik.

"Syarat-syarat dukungan itulah yang telah kami sampaikan kepada Bamsoet dan rekan-rekan dari Fraksi Partai Golkar dan disambut dengan baik oleh Bamsoet dan rekan-rekan dari Fraksi Partai Golkar," pungkasnya. [tsc]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad